Anggota Fortamas LIPI
BANDUNG,SUBANG DAN KARANGSAMBUNG

Media ini merupakan alat promosi usaha anda, bila anda ingin bergabung silahkan kirim e-mail pada :

fortamas.lipi.bdg@gmail.com

Senin, 14 Mei 2007

KIAT SUKSES MENJADIKAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI

Dipresentasikan oleh: Hanif Fakhrurroja, S.Si
Rabu, 14 Maret 2007 pada Pertemuan Bulanan Fortamas LIPI Bandung
di UPT BPI LIPI Gedung 30 Lt.2 Ruang Serbaguna


Apakah Internet Itu?
  • Internet adalah jaringan yang terhubung dalam internet protocol (IP) secara luas mencapai seluruh dunia.
  • Internet (inter-network) adalah sejumlah jaringan fisik yang saling terhubung dengan protocol yang sama (apa saja) untuk membentuk jaringan logic, selanjutnya disebut sebagai inter-network.
  • Internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dibedakan dengan intranet sebagai pelayanan http untuk kalangan terbatas. Pada mulanya pembatasan pada jaring fisik, yaitu LAN, kemudian berkembang termasuk pembatasan secara logis.
  • Intranet sebagai jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas. Masyarakat umum mengartikan sebagai jaringan lokal (LAN) dengan pengalamatan private IP.
Apakah Web Site Itu?
  • Homepage atau web site merupakan halaman yang ditampilkan pada komputer dari suatu alamat yang terdapat di internet. Internet dapat berfungsi sebagai pasar global dan bebas yang memasarkan berbagai macam produk dan jasa.
  • Untuk memperoleh suatu informasi pada internet, pemakai cukup menghubungi suatu alamat (alamat internet) dari perusahaan yang bersangkutan pada internet, kemudian alamat tersebut akan menampilkan suatu daftar atau tampilan yang dapat memberikan informasi sesuai keinginan pemakai. Alamat internet beserta tampilan yang dikeluarkan disebut dengan homepage.
Sejarah Internet
  • Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
  • Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).
  • Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini, orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Apa Manfaat Web Site?
  • Sebagai media promosi bagi suatu perusahaan/instansi, karena dapat dilihat secara langsung oleh pelanggan atau calon pelanggan di dalam negeri maupun luar negeri dalam kurun waktu 24 jam sehari. Memiliki homepage sangat tepat bila perusahaan/instansi anda mencari rekanan dari luar negeri, karena saat ini perusahaan di luar negeri telah menggunakan internet sebagai media informasi, promosi, komunikasi dan pengiriman data.
  • Sebagai media pemasaran, karena pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan melalui internet sesuai dengan fasilitas yang disediakan.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata mitra kerja, karena memberikan fasilitas informasi yang lebih cepat, karena pada homepage anda dapat menampilkan spesfikasi produk atau jasa yang diberikan.
7 Alasan Utama Mempromosikan Hasil Penelitian dan Pengembangan Produk Melalui Internet

1. Siap Sedia 24 Jam

Tidak seperti praktek bisnis offline lainnya yang layanannya
tergantung pada hari kerja dan jam kerja.
Web site selalu siap sedia 24 jam serta bisa diakses oleh pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

2. Menjangkau Pangsa Pasar Yang Tertarget

Melalui media informasi online,kita bisa secara efektif memasarkan bisnis berdasarkan pangsa pasar yang ditargetkan. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa, dan lain-lain.

3. Mengangkat Citra (Image)

Dengan memiliki sebuah web site, citra (image) kita
bisa terangkat. Walau bisnis kita tidak besar, tetapi melalui kehadiran secara online, citra bisniskita akan terangkat dibandingkan kompetitor lain dan bisa bersaing dengan perusahaan besar.

4. Biaya Pemasaran Yang Lebih Efektif dan Efisien

Pemasaran melalui internet sangat tertarget dan biaya relatif lebih rendah dibanding pemasaran offline, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasarannya juga lebih efektif dan efisien.

5. Memposisikan Citra Kita Di Masa Depan

Semakin hari, semakin banyak media informasi yang hadir secara online. Demikian juga kompetitor. Kalau tidak sekarang, kelak pun mereka akan menghadirkan bisnisnya melalui internet. Karena itu, kehadiran situs media informasikita di internet, setidaknya telah menolong memposisikan citra kita di masa depan.

6. Mempermudah Dalam Membangun Hubungan
Baik Dengan Pelanggan

Karena internet adalah media yang interaktif, Kita dapat dengan mudah menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Baik itu melalui newsletter, ‘kotak saran’, survey/polling, forum,dll. Kelebihan macam-macam ‘perangkat’ Ini, Kita bisa melayani banyak pelanggan dalam satu waktu. Hal ini tentunya akan lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya.

7. Sistem Otomatisasi Yang Responsif

Melalui sistem otomatisasi, web site kita bisa memberikan respon dengan cepat jika datang ‘pesanan’ atau permintaan informasi yang lebih lengkap dari pelanggan.
Di jaman yang serba instan ini, kecepatan layanan adalah kemutlakan.

Kiat Sukses Menjadi Pengelola Penyebaran Informasi Melalui Internet

1. Kecepatan

Dengan segala percepatan perkembangan teknologi, globalisasi, dan internet, laju perubahan pun semakin cepat dari yang pernah dibayangkan. Karena itu, kita harus bisa mengantisipasinya
dan sanggup bereaksi cepat, tapi juga penuh perhitungan.

2. Kemampuan Beradaptasi

Laju perubahan yang terjadi pada dunia internet membutuhkan bisnis yang lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan sebelumnya. Anda harus menambah pengetahuan dan mampu menginterpretasinya, serta secara cepat merespon perubahan tersebut dimanapun
terjadinya –baik dalam teknologi dan kompetisi, juga pada pergantian pola pasar dan pembeli.

3. Eksperimen

Seorang pengelola penyebaran informasi melalui internet harus bersedia mencoba ide-ide baru di pasar yang dibidiknya. Kita tidak memiliki banyak waktu atau hanya mengandalkan “market research” yang sudah tidak up to date untuk mengevaluasi tindakan-tindakan Kita. Eksperimen dan siap bergerak cepat untuk beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar kepada Anda.

4. Inovasi Yang Konstan

Meluncurkan produk ke pasar hanyalah sebuah permulaan. Dorongan kompetisi yang tak kenal henti dan tuntutan pasar terhadap perbaikan membuat fokus kita pada inovasi sangat penting.

5. Kolaborasi

Kita tidak bisa bekerja sendiri di pergerakan dengan kecepatan seperti saat ini. Internet memungkinkan Kita melibatkan banyak pemilik perusahaan dalam setiap langkah. Mulai dari kelahiran sebuah produk melalui riset, pembangunan produk, pengemasan, pengiriman, support dan proses perbaikan yang terus berjalan.

6. Jadilah Multidisipliner

Perusahaan dalam era ekonomi baru seperti sekarang menciptakan
solusi dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu seperti
teknologi, content, grafis, layanan dan hubungan. Karena itu,
seorang pengelola penyebaran informasi melalui internet yang sukses biasanya memahami berbagai disiplin il
mu.

Tidak ada komentar: