Anggota Fortamas LIPI
BANDUNG,SUBANG DAN KARANGSAMBUNG

Media ini merupakan alat promosi usaha anda, bila anda ingin bergabung silahkan kirim e-mail pada :

fortamas.lipi.bdg@gmail.com

Selasa, 03 Juli 2007

INTERNET MASUK DESA

Jumat, 15-Juni-2007, 16:59:27
Jakarta, Kominfo-Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh menyatakan salah satu tugas utama dari Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) adalah untuk meningkatkan kemampuan mengakses informasi atau information access ability bagi masyarakat Indonesia.

''Tujuan dari information access ability adalah agar masyarakat umum bisa mengakses informasi yang ada,'' ujar Menkominfo dalam kunjungannya ke redaksi harian Rakyat Merdeka di Jakarta, Kamis (14/6) malam.

Menurutnya agar informasi itu bisa diakses oleh masyarakat umum, maka diperlukan beberapa hal diantaranya adalah ketersediaan infrastruktur, keterjangkauan harga, serta adanya transformasi sosial atau budaya dalam masyarakat..

Terkait dengan ketersediaan infrastruktur, ia menginformasikan bahwa pada saat ini tidak semua wilayah di Indonesia tersedia jaringan informasi.

''Di Indonesia pada saat ini terdapat 70.000 desa yang tersebar di seluruh Indonesia dan dari jumlah tersebut masih terdapat 38.000 desa yang masih belum terdapat jaringan informasi,'' katanya.

Tidak semua desa mendapat jaringan informasi terdapat di luar pulau Jawa, karena pada kenyataannya masih ada desa-desa di pulau Jawa yang belum terdapat jaringan informasi. Contohnya saja di Jawa Timur, disana masih terdapat 2.300 desa yang belum terdapat jaringan informasi.

Oleh karena itu, Menkominfo berharap agar pada tahun 2007 dan 2008 seluruh desa yang ada di Indonesia sudah dapat tersedia infrastruktur dasar untuk jaringan informasi.

''Saya menginginkan tidak hanya jaringan telepon saja yang dapat tersambung di desa-desa yang belum terdapat jaringan informasi tersebut, akan tetapi desa-desa tersebut akan dilengkapi dengan sistem internet agar bisa lebih diberdayakan sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat disana akan meningkat,'' tambahnya. (T.Yw/toeb./b)

Dikutip oleh Sugiono dari endonesia.com, Jum'at 15 Juni 2007

Tidak ada komentar: